Kimono, Sebuah Pakaian Tradisional dari Jepang

Halo, Semuanya~~

Selamat datang di website toko online kami, “Himeji Kimono”.

Himeji bergerak di bidang fashion dan edukasi, terutama kimono dan periferalnya, termasuk kitsuke, maiko, geiko/ geisha dan juga seabrek inspirasi yang bisa dicontek langsung untuk panduan berkimono. Kitsuke itu apaan yak? Maiko dan geiko apa pula itu? Sebelum masuk ke zona itu, ada baiknya pula kita mengenal terlebih dahulu apa itu kimono dan jenis-jenis kimono, sehingga kita bisa membedakannya dengan fashion tradisional dari daerah lain dan tidak semata-mata menganggap semua yang bentuknya mirip kimono tuh kimono. Klo ingin menghargai budaya lain, kita perlu tahu yang benar-benar sebenernya yang mana kan?

Kimono adalah pakaian tradisional dari Jepang. Kimono sendiri berasal dari dua kata ki- yang berarti memakai, dan -mono yang berarti sesuatu. Jadi kimono berarti “sesuatu yang dipakai” Di dunia Jepang modern saat ini, kimono hanya dipakai pada saat-saat tertentu saja, misalnya upacara kelulusan, pernikahan, resepsi, upacara minum teh, atau peristiwa tradisional lainnya.

Karakteristik kimono tradisional:

  • Berbentuk hurut T simetris kanan dan kiri
  • Jika dipakai akan membentuk garis lurus pada hem kanan dan kiri
  • Hem berakhir pada mata kaki
  • Kerah sudah berbentuk dan panjang sedemikian rupa
  • Lengan panjang dan lebar
  • Kimono dipakai dengan aturan panel kanan di BAWAH panel kiri (kecuali pada kimono jenazah, kebalikannya). Poin yang ini WAJIB diperhatikan yak :D.
  • Dipakai bersama dengan stagen panjang bernama obi yang diikatkan di punggung

Pada postingan berikutnya, akan Himeji beberin mengenai bagian-bagian kimono dan juga macam-macam kimono. Ada banyaaaak looohhh~

Sumber:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Kimono
share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn